MODUL AUTOCAD

DASAR-DASAR

MENGGUNAKAN PROGRAM AUTOCAD

BAG-

TGB.007.A-22

45 JAM

Penyusun :

M.RIDWAN

PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN

FAKULTAS TEKNIK

UNIVERSITAS NEGERI PADANG

DIREKTORAT PENDIDIKAN MENENGAH KEJURUAN

DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL

EDISI 2010


KATA PENGANTAR

Modul dengan judul “Dasar-Dasar Menggambar  dengan Program AutoCAD” merupakan  bahan ajar yang digunakan sebagai panduan praktikum peserta diklat  Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk membentuk salah satu bagian  dari kompetensi Menggambar Teknik.

Modul ini  mengetengahkan pengetahuan yang  paling mendasar dari Menggambar dengan program AutoCAD, yaitu : pengetahuan tentang peralatan  menggambar, cara membuat garis dan huruf serta gambar-gambar  geometri. Pengetahuan tentang Peralatan Menggambar di Toolbar AutoCAD, diberikan agar  peserta diklat mengetahui jenis-jenis command/perintah  dan koordinat yang diperlukan untuk  Menggambar dengan AutoCAD.

Dengan modul ini peserta diklat dapat melaksanakan praktik tanpa harus banyak dibantu oleh teman, instruktur & guru pembimbing.

DESKRIPSI JUDUL

Modul ini terdiri dari dua kegiatan belajar, yang mencakup :

(1) Mengenal dan menggunakan program AutoCAD,

(2) Mengenal system koordinat AutoCAD.

Pada kegiatan belajar 1 membahas tentang jenis alat-alat gambar dan alat penunjang yang diperlukan dalam menggambar dengan Program AutoCaD serta teknik dilengkapi dengan ukuran serta cara penggunaannya. Pada kegiatan  belajar 2 membahas tentang koordinat pada auto cad seperti koordinat kartesius dan koordinat polar.


PRASYARAT

Untuk mempelajari modul “dasar-dasar menggunakan auto cad” ini tidak diperlukan persyaratan khusus. Modul ini diajarkan sebagai  dasar untuk mempelajari modul-modul “Menggambar Perencanaan Bangunan Gedung” di tingkat yang lebih tinggi.

DAFTAR ISI

Halaman

HALAMAN JUDUL …………………………………………………………………………….       i

KATA PENGANTAR ………………………………………………………………………….       ii

DESKRIPSI JUDUL …………………………………………………………………………….     iii

PRASYARAT ………………………………………………………………………………………    iv

DAFTAR ISI ………………………………………………………………………………………..     v

PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL ………………………………………………….    vi

TUJUAN AKHIR …………………………………………………………………………………    vii

PETA MODUL BIDANG KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN…………….. viii

KEGIATAN BELAJAR 1

MENGENAL TOOLS AUTOCAD DAN PENGGUNAANNYA ………………     1

A.  Tujuan kegiatan pembelajaran …………………………………………………………….     1

B.  Uraian materi ……………………………………………………………………………………     1

C.  Lembar Latihan …………………………………………………………………………………    6

KEGIATAN BELAJAR 2

MENGENAL SYSTEM KOORDINAT AUTO CAD……………………………     7

A. Tujuan kegiatan pembelajaran……………………………………………………………..      7

B. Uraian materi ……………………………………………………………………………………      7

C.  Lembar Latihan…………………………………………………………………………………..    9

STANDAR PENILAIAN ………………………………………………………………………..    10

DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………………………………………..    11


PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL

A.  Peralatan

Peralatan yang harus disiapkan setiap kali kegiatan belajar ini adalah:    Hanya cukup dengan Komputer yang berisikan Program AutoCAD didalamnya, tanpa harus menyiapkan Kertas manila ukuran A3   Pensil mekanik 0,5 mm, kekerasan 2B   Sepasang penggaris segitiga Penggaris panjang (mistar) 50 cm atau 60 cm    Penghapus pensil   Selotip   Meja gambar Dll untuk melakukan proses penggambaran manual.

Mengingat fasilitas yang diberikan oleh program AutoCAD ini sudah dapat dikatakan praktis dan lengkap untuk proses penggambaran dalam bentuk apapun yang diinginkan karena AutoCAD ini sifatnya visual yang konvensional.

  1. B. Langkah Belajar
  • Pada setiap sub topik Kegiatan belajar, pahamilah uraian Tujuan Kegiatan Belajar agar mengetahui kemampuan apa yang akan dicapai pada setiap kegiatan.
  • Peralatan tulis dan modul yang harus disiapkan pada pertemuan atau sesion berikutnya harus dibaca sebelum kegiatan dilaksanakan. Misalnya kegiatan belajar mengajar Gambar AutoCAD dilaksanakan setiap minggu, maka peralatan tulis dan modul yang akan digunakan pada minggu depan harus dibaca atau diketahui pada minggu ini.
  • Sebelum melaksanakan kegiatan harus memahami betul setiap langkah kerja yang dilaksanakan, apabila kurang jelas, tanyakan kepada teman yang mengerti, instruktur atau guru pembimbing. Kerjakanlah setiap latihan dengan bersungguh-sungguh agar kemampuan anda yang sebenarnya dapat diketahui.
  • Jika soal-soal latihan telah anda selesaikan, anda dapat mencoba soal-soal pilihan, untuk memperdalam pengetahuan tentang penggunaan teori yang sudah diberikan, mengingat aplikasi penggunaan dan pembelajaran AutoCAD ini sangat dibutuhkan didunia industri maupun lapangan kerja.

TUJUAN AKHIR

A.  Tujuan Akhir

Setelah mengikuti seluruh kegiatan belajar ini diharapkan :   Peserta didik diharapkan menguasai keterampilan menggambar dengan menggunakan program AutoCAD.

  1. B. Tujuan Antara

Setelah mengikuti kegiatan belajar , peserta didik diharapkan  dapat memilih metode penggambaran yang tepat untuk teknik menggambar yang digunakan dan sesuai dengan tujuan menggambar, baik itu secara visual/Praktis (AutoCAD) maupun Manual (menggunakan peralatan gambar).

II. PEMBELAJARAN

A. KEGIATAN BELAJAR 1

MENGENAL DAN MENGGUNAKAN

PROGRAM AUTOCAD

1.Tujuan Kegiatan Pembelajaran

Setelah mempelajari modul ini siswa  dapat mengetahui dan  memahami tentang auto cad, seperti  mengetahui program auto cad, cara menjalankan programnya, mengetahui elemen-elemen auto cad dan cara memberikan perintah pada auto cad.

2. Uraian Materi

AutoCAD adalah singkatan dari Automatic Computer Aided Desain, atau dalam Bahasa Indonesia diartikan sebagai ‘Merancang dengan bantuan Komputer’. AutoCAD adalah salah satu program desain gambar dengan bantuan komputer yang cukup canggih. Secara perlahan namun pasti AutoCAD mengalami otomatisasi gambar, menggantikan fungsi manual yang selama ini mendominasi pekerjaan di segala bidang. Kompatibilitasnya yang tinggi memungkinkan gambar – gambar AutoCAD dapat diterima oleh sebagian besar program menggambar lain dan dapat dicetak dengan menggunakan hampir semua alat pencetakan. AutoCAD memiliki fasilitas yang cukup komplit untuk membuat gambar – gambar dua dimensi dan tiga dimensi.

Beberapa alasan menggunakan AutoCAD dari pada cara manual untuk menghasilkan gambar:

Akurasi: Dengan tingkat presisi hingga 13 digit, AutoCAD memiliki tingkat akurasi jauh lebih sempurna dan terjamin dibanding dengan menggambar manual. Dalam gambar manual, akurasi gambar sangat ditentukan oleh ketelitian mata dan kecermatan tangan yang sangat memungkinkan terjadinya kesalahan.

Kepraktisan, Kemudahan, dan Kecepatan : Fasilitas penggambaran dan pengeditan yang semakin sempurna menjadikan AutoCAD mampu menghasilkan jauh lebih cepat dibandingkan cara manual. Perintah Copy, Array, Block, dan sebagainya memungkinkan kita membuat dan mengedit gambar secara masal dan waktu cepat.

Kebersihan dan Kerapian: Dengan perintah pengeditan yang dimiliki AutoCAD, memungkinkan kita untuk merevisi dan memeriksa hasil gambar sebelum benar – benar dicetak, sehingga dihasilkan gambar yang bersih dan sempurna tanpa bekas – bekas pengeditan, penghapusan dan keringat atau kertas lecek seperti yang didapatkan pada gambar manual.

Ruang Kerja Tak Terbatas : AutoCAD memiliki ruang kerja tak terbatas. Koordinat tertinggi yang dapat dimasukkan adalah 1099. Sehingga kita dapat membuat gambar sebesar dan sebanyak apapun dalam ruang yang sama. Kita dapat mencetaknya bagian per bagian atau sekaligus dengan skala yang tepat.

Fleksibilitas Skala : AutoCAD memungkinkan satu gambar dicetak berkali – kali dengan skala yang berbeda – beda tanpa harus membuat ulang gambar tersebut. Hal yang tidak dapat dilakukan pada gambar manual. Dengan pengaturan skala yang tepat saat mencetak, kita juga dapat bebas memilih satuan yang digunakan dalam gambar, apakah mm, cm, meter, km, inci, dan sebagainya.

Dokumentasi : Dengan sistem penyimpanan file, hasil gambar akan tersimpan secara permanen. Kita dapat dengan mudah dan cepat duplikasinya dan merevisinya kelak bila ada perubahan desain tanpa harus membuat gambar dari awal lagi. Dengan media penyimpan floppy disk atau CD kita dapat membawa – bawa gambar dengan mudah dan di edit dimana saja.

1. Cara menjalankan program autocad

Apabila program Autocad 2002 telah terinstall di komputer anda, maka dapat dibuka dengan mengklik tombol  Start |  All Programs  | Autocad 2002  | Autocad 2002

2.Elemen-elemen autocad 2004

Elemen-elemen autocad 2004 akan Tampil Jendela Windows AutoCAD  sbb:

Keterangan:

Title Bar (Baris Judul)

Menandakan Windows AutoCad dan judul gambar yang sedang aktif

Menu Bar

Adalah kumpulan fungsi-fungsi Autocad 2002 yang telah dikelompokkan berdasarkan kategorinya.

Toolbar

Adalah tombol akses cepat dan instan perintah-perintah AutoCAD.

Command Line

Adalah tempat memasukkan perintah dengan cara mengetikkan perintah / command secara langsung.

Status Bar

Adalah baris informasi yang aktif saat program AutoCAD 2002 sedang dijalankan. Berikut penjelasan tombol-tombol status bar:

  • Snap

Snap adalah titik tangkap yang terdapat pada ruang gambar pada Autocad

  • Grid

Dengan mengklik tombol grid, dapat dimunculkan titik-titik grid yang dapat membantu dalam menggambar.

  • Ortho

Tombol ini berguna untuk mengaktifkan atau menonaktifkan modus orthogonal.

  • Osnap

Osnap atau Objeksnap adalah alat bantu untuk mendapatkan suatu titik pada objek secara akurat.

Berikut adalah beberapa osnap penting dan fungsinya dalam AutoCAD 2002:

Endpoint : Untuk mendapatkan titik ujung garis / busur

Midpoint : Untuk mendapatkan titik tengah garis / busur

Center : Untuk mendapatkan titik pusat lingkaran / busur

Quadrant : Untuk mendapatkan titik quadrant lingkaran  / busur

Intersection : Untuk mendapatkan titik perpotongan dua objek

Insertion : Untuk mendapatkan titik penempatan objek teks

Perpendicular : Untuk mendapatkan titik tegak lurus (90º) objek

Tangent : Untuk mendapatkan titik singgung lingkaran / busur

Nearest : Untuk mendapatkan titik terdekat objek dari pengklikan

Tidak seluruh objek osnap aktif dalam satu waktu, Anda dapat mengatur pengaktifan beberapa objek osnap sesuai kebutuhan.

  • Polar

Aktifkan tombol ini jika Anda hendak mebuat gambar dengan bantuan arah (angle) selain arah horizontal dan vertikal.

  • Otrack

Otrack berfungsi untuk memperlihatkan jalur dari titik tangkap.

  • LWT atau Lineweight

Berguna untuk memperlihatkan atau menyembunyikan ketebalan garis,

  • Model

Jika tombol ini diklik, maka akan terlihat tampilan gambar pada kertas (paper). Apabila ingin kembali ke menu model, cukup mengklik kembali tombol tersebut.

3.Cara memberikan perintah pada autocad

Untuk mengoperasikan AutoCAD agar dapat membuat objek-objek gambar seperti yang diinginkan, maka program ini harus diperintahkan untuk melakukan hal tersebut. Perintah baku pada AutoCAD dapat diberikan dengan beberapa cara, yaitu :

  1. Melalui menu pulldown (process oriented)
  2. Melalui menu toolbar (visual oriented)
  3. Melalui baris perintah (script oriented)

Setelah kita meberikan perintah, perhatikan respon AutoCad pada command line untuk memverifikasi perintah yang kita berikan. Perhatikan contoh respon AutoCad sbb:

Untuk eksekusi bisa dilakukan dengan Enter atau Space Bar.

4.Lembar Latihan

Perhatian:

  • Tidak ada latihan pada kegiatan belajar yang pertama ini.
  • Anda diharapkan segera mengerti & memahami command serta alat-alat yang disebutkan pada lembar kerja AutoCAD dikegiatan belajar pertama ini.
  • Cobalah mengenal Command/Perintah gambar di AutoCAD dengan cara mencoba menggunakan Command/Perintah itu sesuai petunjuk pada langkah kerja.

B.KEGIATAN BELAJAR 2

Mengenal system koordinat auto cad.

1.Tujuan Kegiatan Pembelajaran.

Setelah mempelajari modul ini siswa  dapat mengetahui dan  memahami tentang system koordinat auto cad, seperti  mengetahui koordinat kartesius dan koordinat polar.

2.Uraian Materi

1.Koordinat kartesius

Metode koordinat ini menggunakan sumbu x,y dan z. Nilai yang dimasukan mewakili posisi pada titik pada sumbu tersebut

Kartesius adalah sistem koordinat yang menggunakan sumbu X dan Y sebagai dasar penentuan posisi sebuah titik.

Gambar koordinat Kartesius:

Format dari koordinat Cartesius adalah : x,y

Tanda @ diberikan didepan untuk memberi nilai relatif dari titik sebelumnya.

2.KOORDINAT POLAR

Koordinat polar biasa juga disebut dengan koordinat kutub. Fungsi dari koordinat ini adalah untuk menentukan titik berikutnya dari titik saat ini, dengan jarak dan sudut yang ditentukan.

Konsep:

Format dari koordinat Polar adalah : jarak < sudut

Tanda @ diberikan didepan untuk memberi nilai relatif dari titik sebelumnya.

Jarak adalah nilai yang dimasukkan sebagai jarak penempatan titik berikutnya dari titik saat ini.

Sudut adalah arah penempatan titik. Putaran sudut yang searah putaran jarum jam bernilai negatif (-) sedangkan yang berlawanan dengan arah jarum jam bernilai positif (+).

Contoh:

Contoh berikut anda membuat objek bujur sangkar dengan panjang sisi 6, dengan menggunakan koordinat Polar.

Ketik perintah LINE (boleh memasukkan perintah dengan cara lain)

Command      : LINE

Spesify first point : (klik di sembarang tempat pada area menggambar)

Spesify next point or [undo]   : @6<10

Spesify next point or [undo]   : @6<90

Spesify next point or [close/undo]   : @6<180

Spesify next point or [close/undo]   : @6<270

Spesify next point or [close/undo]   : (enter)

Hasil yang diperoleh:

4.Lembar latihan.

Selesaikanlah soal ini menggunakan koordinat kartesius atau menggunakan koordinat polar

3.00

2.00                                                 2.00

2.00              1.00

STANDAR PENILAIAN

Penilaian menggunakan standar di bawah ini:

1.  Setiap hasil pekerjaan peserta diklat dinilai berdasarkan standar

tabel 1.

2.  Setiap kriteria memiliki rentang 10 angka. Besar kecilnya nilai pada

rentang ini didasarkan pada kualitas gambar secara klasikal.

3.  Nilai akhir ditentukan dengan menjumlahkan nilai tugas (NT)

dengan nilai evaluasi (NE). Bobot total NE adalah 80%, sedangkan bobot NE adalah 20%

4.  Nilai akhir dicari dengan rumus : NA = (¬ NT x 80 %) + (NE x 20%)

5.  Syarat kelulusan adalah nilai 70.

Tabel 1. Standar Penilaian

No. Rentang

Nilai

Kriteria Penilaian
1. 0 – 51 Gambar salah, tidak bersih, tidak lengkap dan tidak rapi
2 51 – 65 Gambar salah, bersih, tetapi tidak lengkap dan rapi
3 66 – 80 Gambar benar, bersih dan lengkap, tetapi tidak rapi
4 81 – 100 Gambar benar, lengkap, rapi, bersih dan indah

Keterangan :

Kriteria benar               :  jika gambar sesuai teori menggambar.

Kriteria lengkap           :  jika semua keterangan diberi atau dituliskan.

Kriteria rapi                  :  jika kualitas garis baik (konsisten).

Kriteria indah               :  jika penataan gambar pada layar menarik.

DAFTAR PUSTAKA

Ashar Faisal. “Gambar Perencanaan”. Padang: Modul Teknik Sipil FT UNP

Alamul huda., “Aplikasi Pembuatan Gambar Teknik Menggunakan Auto cad”.

Chink D.K. “Grafik Arsitektur”. Surabaya : Airlangga.

Suparyono Y. 1981. “Konstruksi Perspektif”. Yogyakarta : Kanisius.

About these ads
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s